Selasa, 28 Juni 2011

Cara Membuat Link Komentator Terbuka di Tab Baru

Para pengunjung yang memberikan komentar biasanya meninggalkan link berupa profil Blogger atau URL blog mereka. Link ini jika diklik maka akan terbuka di tab yang sama. Dengan demikian, kita akan kehilangan halaman blog yang sedang dibaca karena tertutup oleh halaman baru. Untuk kembali ke halaman sebelumnya kita dapat mengeklik tombol 'back' pada browser. Namun, hal ini akan membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Kita bisa saja mengeklik kanan pada link komentator kemudian pilih 'Open Link a New Tab' atau 'Buka Tautan di Tab Baru' agar link tersebut terbuka di tab yang baru sehingga kita tidak akan kehilangan halaman yang sedang aktif.


Selain cara di atas, kita juga dapat membuat link komentator terbuka di tab baru jika diklik dengan cara menambahkan kode target='_blank' pada HTML template blog. Lalu, di manakah kode tersebut harus diletakkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Masuk ke akun Blogger Anda.

2. Klik Rancangan > Edit HTML.

3. Klik Download Template Lengkap untuk mem-backup template. Hal ini untuk berjaga-jaga kalau nanti terjadi kesalahan dalam pengeditan kita dapat dengan mudah mengembalikan template seperti semula.

4. Beri tanda centang pada Expand Template Widget.

5. Cari kode seperti di bawah ini.
<b:if cond='data:comment.authorUrl'>
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'><data:comment.author/></a>

6. Tambahkan kode target='_blank' setelah kode rel='no follow' maka hasilnya seperti di bawah ini.
<b:if cond='data:comment.authorUrl'>
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow' target='_blank'><data:comment.author/></a>

7. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar